Pelatihan Otak

4 Cara Mencerdaskan Otak Anak Anda (Part 1)

4 Cara Mencerdaskan Otak Anak Anda (Part 1)

Dalam banyak hal, masa bayi adalah lembaran yang bersih, dimana pikiran yang berkembang memiliki potensi untuk belajar dan mencapai begitu banyak. Sementara orang dilahirkan dengan rangkaian bakat atau kekuatan tertentu, maka setiap orang memiliki potensi untuk melampaui kemampuan bawaan jika diberi nutrisi dan pendidikan otak yang tepat.

Bahkan penelitian neuroplastisitas telah memberi kita bukti bahwa kita dapat memberi makan dan memelihara otak yang sedang berkembang dengan mempelajari hal-hal baru, mengembangkan hal yang dibutuhkan untuk mempertahankan keterampilan baru, dan melatih koneksi ini agar semakin kuat. Untuk itu, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan dan mencerdaskan otak anak-anak Anda yang sangat kuat dan fleksibel.

 

  1. Mulailah lebih awal.

Cara mencerdaskan otak anak yang pertama adalah semakin cepat Anda mulai mendorong perkembangan otak anak Anda, semakin baik. Anda dapat mulai memaparkannya ke berbagai lingkungan dan pengalaman pada usia yang sangat muda. Variasi dalam gerakan, sosialisasi, dan lingkungan sangat berharga bagi pikiran yang sedang berkembang. Biarkan anak Anda menjelajah segera setelah dia siap.

 

  1. Perluas pengalaman dan kemampuan.

Anak-anak Anda mungkin memiliki kemampuan lebih dari yang Anda sadari. Biarkan anak-anak Anda mengeksplorasi secara fisik, sosial, dan akademis. Biarkan mereka mencoba sesuatu yang Anda pikir belum perlu mereka kuasai (mis. Microsoft Excel), dan dorong mereka untuk menikmati prosesnya. Bawa mereka ke dalam situasi yang akan memungkinkan mereka untuk bertemu orang-orang yang berbeda dari diri mereka sendiri, dan bicarakan tentang pengalaman dengan mereka sesudahnya.

Dorong eksplorasi aktivitas fisik yang anak Anda tidak terbiasa. Latihan fisik ini sebenarnya membantu otak anak Anda dalam beberapa cara: mulai dari memperkuat koneksi saraf, membuat sel-sel saraf berkembang biak, hingga melepaskan bahan kimia yang meningkatkan kesehatan otak Anda. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak Anda, sehingga memberinya makan secara fisik maupun neurologis. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga dapat mempelajari tugas-tugas baru lebih cepat daripada mereka yang tidak.

 

Itulah 2 dari 4 cara mencerdaskan otak anak Anda. Untuk Anda yang ingin meningkatkan kecerdasan otak anak Anda dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, maka Anda dapat mengajak anak Anda untuk melakukan pelatihan kebugaran otak di BrainFit. BrainFit sendiri adalah studio yang menyediakan program pelatihan kebugaran otak yang paling terbaru dan ilmiah sejak tahun 2001. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui http://www.brainfit.co.id

 

Artikel Menarik Lainnya:

Apa yang Sangat Penting Tentang Pendidikan Anak Usia Dini?

6 Cara untuk Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Anda

Leave a Comment