Pelatihan Otak

Neuroscience

pengembangan anak

NEUROSAINS


APA ITU BRAIN FITNESS?

Brain Fitness atau kebugaran otak merupakan kemampuan-kemampuan yang melibatkan seperti perhatian, ingatan, dan pemikiran kritis yang esensial dalam pembelajaran seseorang.

KENAPA KEBUGARAN OTAK DALAM PERKEMBANGAN ANAK PENTING?

Kemampuan berdasarkan fakta (kognitif) penting karena, tak hanya berhubungan dengan hasil akademik, tetapi juga kesuksesan karir di masa depan. Lebih jauh lagi, studi terbaru yang digagas oleh peneliti Harvard menemukan bahwa pengetahuan akademis yang disajikan sekolah terlihat tidak berdampak pada perkembangan anak dan kemampuan belajar seseorang, yang menekankan manfaat dari pelatihan sebuah kebugaran otak.

Lebih jauh lagi, peneliti yang bekerja dalam Brain Training, baru-baru ini menemukan bahwa kecerdasan umum manusia (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) melibatkan jaringan penghubung yang tersambung pada area kemampuan perkembangan anak dan belajar seseorang. Hal ini berarti, jika kita membangun kecerdasan otak, kita sedang memeperkuat jaringan otak yang mampu membuat kita lebih cerdas! Di BrainFit, perkembangan anak dan kemampuan belajar seseorang ini tentunya merupakan fokus program pelatihan kami.

KAPAN KITA HARUS
MELATIH OTAK KITA?

Setiap orang, dari bayi hingga dewasa, bisa mengambil manfaat dari pelatihan kebugaran otak. Bagaimanapun,
otak pemuda lebih banyak memperoleh perubahan dengan intensitas pelatihan yang sama. Oleh karena itu, kami merekomendasikan pelatihan otak untuk dimulai sedini mungkin.

BAGAIMANA PELATIHAN
OTAK BEKERJA?

Untuk perkembangan anak usia dini (kurang dari 6 tahun), di BrainFit, pelatihan difokuskan pada peningkatan pengembangan seluruh kemampuan belajar yang berbasis urutan perkembangan alamiah. Untuk anak-anak yang memasuki usia sekolah, kemampuan-kemampuan itu secara intensif dipercepat dalam waktu 4 bulan untuk memastikan hasil yang cepat dan paten.

S

MENETAPKAN TARGET PRIBADI

Sebagai permulaan, kami memahami kebutuhan murid. Bersama dengan orangtua/pengasuh, kami menetapkan target dan hasil yang diharapkan bersama.

M

MENGUKUR DENGAN CognitiveMAP™

Berikutnya, kemampuan belajar murid secara objektif diukur dengan CognitiveMAP™ kami yang unik, sebagai perangkat pelengkap kebugaran otak. Perangkat ini membantu murid dalam memahami data unik terkait profil kebugaran otak anak dan memungkinkan kita untuk menelusuri perkembangan setelah program pelatihan kebugaran otak.

A

MENYESUAIKAN AKTIVITAS DENGAN KEMAMPUAN

Kami mengadaptasi program-program kami agar sesuai dengan profil masing-masing murid. Penyesuaian program sangat tepat sasaran, karena jika tugas kemampuan belajar yang dipilih terlalu mudah, otak tidak akan cukup tertantang untuk membangun koneksi baru yang lebih kuat dan lebih baik. Jika aktivitasnya terlalu sulit, murid akan kehilangan motivasi, ketertarikan, dan kepercayaan diri untuk melanjutkan. Feedback akan dikeluarkan secara continue sehingga kita bisa memonitor perkembangan dan menyesuaikan latihan kognitif selama rentang waktu program pelatihan kebugaran otak.

R

MEMBANGUN SISTEM YANG BERFOKUS PADA LATIHAN

Penelitian neurosains mengungkapkan kepada kita bahwa frekuensi dan intensitas mempunyai dampak signifikan pada hasil pelatihan kebugaran otak. Selama rata-rata 50 menit sesi pelatihan di BrainFit, seorang murid boleh terlibat pada 500-1000 pengulangan tugas kognitif yang sedang mereka kerjakan. Frekuensi dan intensitas pelatihan yang cukup menjadi sangat vital untuk hasil yang maksimal.

T

MENTRANSFORMASIKAN OTAK UNTUK PERFORMA YANG MAKSIMAL

Saat tahapan-tahapan diatas diikuti dengan tepat, kami mengharapkan otak untuk bertransformasi menjadi jaringan saraf yang lebih tajam dan cepat untuk pembelajaran dan performa. Kami berharap murid-murid kami mampu belajar dengan lebih baik – fokus yang lebih terjaga, berfikir dengan lebih cepat, dan mengingat lebih banyak. Kami menyusun evaluasi ulang pada seluruh murid kami untuk mengukur pencapaian mereka.

Aturan – aturan pelatihan di BrainFit telah sesuai dengan prinsip-prinsip neurosains untuk hasil yang maksimal dan berdampak positif, serta menyesuaikan dengan perkembangan anak serta kemampuan otak untuk memastikan bahwa pelatihan kebugaran otak disusun pada tingkatan yang paling optimal.

KENAPA ITU PENTING?

Kami mengkategorikan bagian-bagian otak menjadi 5 pilar. 5 Pilar otak kami mengambil bagian pada “bagaimana kita belajar” dan menentukan kemampuan kita dalam memperoleh, menjaga, dan memanfaatkan pengetahuan yang kita dapatkan. Pengetahuan adalah “apa yang kita pelajari” dan menampilkan dalam bentuk muatan akademik, teknik dan strategi belajar, DLL. Penelitian pemindaian otak terkini menunjukkan bahwa 5 Pilar otak ini sangat erat hubungannya dengan peran jaringan otak untuk kecerdasan manusia (IQ). Oleh karena itu, memperkuat 5 pilar otak ini berarti menajamkan kecerdasan kita!

5 Pilar otak kami adalah:

  1. Sistem input auditori
  2. Sistem input visual
  3. Sistem output sensorik-motorik
  4. Sistem pengendalian perhatian
  5. Sistem pengedalian emosi

5 Pilar otak ini penting karna baik saat anda belajar bermain golf, bermain piano, atau menyelesaikan soal matematika. Pilar-pilar ini membentuk fondasi “mesin pembelajaran” kita.

Sebagai contoh, untuk meraih kesuksesan dalam aktivitas-aktivitas diatas, membutuhkan akurasi dalam menyimak (sistem input auditori) instruski pelatih, nada musik dari piano, atau penjelasan guru tentang konsep baru matematika menjadi sangat vital.

Sistem input visual lebih jauh lagi turut mendukung sistem pendengaran, sebagaimana kita menonton ayunan golf pelatihan seorang pelatih dari dekat, melihat partitur musik baris demi baris, dan mempelajari diagram matematika yang digambar guru di papan tulis.

Sistem pengendalian emosi menjaga kita dari rasa cemas dan menjaga motivasi tinggi seperti yang telah kita pelajari di awal, sehinga Sistem Pengendalian Perhatian mampu bekerja secara efektif untuk menjaga kita tetap fokus akan tugas yang dihadapi.

Akhirnya, kita membutuhkan kemampuan motorik (sistem output sensorik-motorik) untuk mengeksekusi ayunan golf, memanipulasi jari kita dengan lembut diatas keyboard untuk memainkan nada, atau mengontrol pensil untuk menyalin diagram secara akurat ke dalam buku tugas.

Mehamami kelebihan dan kekurangan dari kelima Pilar otak ini berarti memahami kesehatan dari “mesin belajar” kita.


KONSULTASI GRATIS

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial