Pelatihan Otak

cara mencerdaskan otak

10 Tips Sederhana Untuk Membantu Meningkatkan Daya Otak Anak Anda

Cara Mencerdaskan Otak

 

cara mencerdaskan otak – Sebagai orang tua, Anda pasti ingin membantu menanamkan kecintaan belajar pada anak-anak Anda dan meningkatkan kecerdasan otak mereka tanpa membuat mereka stres. Tetapi dengan semua mainan, aplikasi, dan teknik pembelajaran yang tersedia saat ini, memutuskan apa yang terbaik untuk mengembangkan perkembangan otak anak Anda dapat membingungkan dan membuat stres bagi orangtua sendiri!

Tahukah Anda bahwa koneksi saraf di otak yang tidak terhubung melalui stimulasi secara permanen hilang selama tahun sekolah anak-anak? Tidak ada tekanan di sana! Kabar baiknya adalah, dengan memberikan anak Anda pengalaman yang penuh kasih dan peningkatan bahasa, Anda dapat meningkatkan kemungkinan koneksi saraf otaknya menjadi terhubung, menghasilkan kemampuan bahasa, penalaran, dan perencanaan yang kaya!

Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk membantu anak-anak kita menjadi individu yang memiliki mental dan emosi yang disesuaikan dengan baik. Berikut adalah 10 cara sederhana orangtua dan pengasuh dapat membantu cara mencerdaskan otak anak yang sehat dengan cinta .

 

Ajarkan Dialog Internal Positif

Cara ini dapat secara dramatis meningkatkan kinerja intelektual. Ajari anak Anda untuk menghilangkan pembicaraan-diri yang negatif dan membangun rasa percaya diri dengan menunjukkan kepada mereka cara berlatih dialog internal yang positif, seperti: “Saya bisa melakukan ini. Saya akan baik-baik saja!”; “Saya akan melakukan yang terbaik dengan apa yang saya ketahui dan dapat lakukan sekarang”; dan “Saya tahu saya dapat terus belajar dan meningkat bagaimanapun caranya.” Cara ini akan membantu mencegah anak Anda dari tidak sengaja berpikir tentang diri mereka adalah hasil yang buruk.

 

Berlatih Senam Mental

Bermain game yang merangsang pikiran, terutama game strategi; membangun konsentrasi, keterampilan pemecahan masalah, penalaran, dan kesabaran. Beberapa permainan favorit yang merangsang pikiran adalah: konsentrasi (permainan kartu), teka-teki silang, catur, mencari perbedaan (mencari perbedaan dalam dua gambar yang hampir identik), cryptograms, acak kata, dan teka-teki matematika. Anak-anak Anda akan terlalu bersenang-senang untuk menyadari bahwa mereka sedang melatih otak mereka!

 

Mendorong Gemar Membaca

Buku tidak hanya menghisap pikiran, mereka juga mempromosikan ikatan, meningkatkan rentang perhatian atau fokus, membangun kosakata, dan meningkatkan memori. Ya, buku! Plus, membaca membantu anak Anda bersantai setelah seharian penuh sekolah, bermain, dan kegiatan!

 

Interaksi Verbal di Rumah

Ini mungkin terdengar terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, tetapi percakapan dengan anak-anak Anda membantu mengembangkan kemampuan bahasa dan kosa kata mereka. Interaksi verbal sangat penting antara usia 16 dan 26 bulan, ketika bahasa anak berkembang paling cepat. Tetapi tanpa memandang usia, penting untuk meluangkan waktu untuk duduk dan berbicara secara teratur dengan anak-anak Anda. Ada begitu banyak topik untuk dibicarakan, seperti perasaan, ide, sekolah, teman, minat, kenangan, dan kejadian terkini. Usahakan untuk mengajukan pertanyaan terbuka juga untuk membantu mendorong anak Anda berpikir secara kritis. Membiarkan mereka mengartikulasikan pikiran mereka sementara Anda memberi mereka perhatian yang tak terbagi juga akan membantu anak Anda merasa yakin bahwa pikiran mereka dihargai.

 

Buat Lingkungan yang Menstimulasi

Tahukah Anda bahwa dengan bermurah hati dengan pelukan yang Anda berikan kepada anak-anak Anda, Anda membantu mengembangkan kemampuan mereka untuk memproses informasi secara efektif?

Berikut adalah ide-ide yang lebih sederhana untuk membantu menciptakan lingkungan yang menstimulasi untuk anak Anda: miliki waktu cerita sebelum tidur; bawa anak Anda ke perpustakaan lokal atau toko buku tempat mereka dapat membaca sendiri atau menghadiri acara mendongeng; menghadiri acara-acara budaya seperti drama dan konser; mengunjungi museum dan kebun binatang. Bahkan mematikan semua elektronik selama jam makan malam untuk memahami satu sama lain adalah langkah yang baik!

 

Feed the Mind

Nutrisi yang baik memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan mental anak Anda. Fungsi anak-anak yang bergizi lebih baik berfungsi lebih efektif di semua tingkatan.

Butuh ide? Buah citrus seperti jeruk meningkatkan daya ingat, telur mengandung vitamin yang meningkatkan daya ingat, ikan mengandung lemak penting yang meningkatkan daya otak, sayuran hijau melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan kelelahan mental, daging tanpa lemak membantu dalam pembelajaran dan ingatan, dan sereal yang diperkaya dengan gandum dan besi sangat baik untuk kinerja mental yang tajam! Dengan demikian, makanan yang baik akan membantu cara mencerdaskan otak anak Anda.

 

Perkenalkan Musik

Musik dan ritme dapat meningkatkan kinerja akademik anak. Banyak anak merasa lebih mudah untuk fokus pada pekerjaan rumah sambil mendengarkan musik instrumental seperti drumbeats dan piano. Sebuah penelitian dari Northwestern University mengungkapkan bahwa anak-anak yang mengambil pelajaran musik dan secara aktif terlibat dalam kelas musik meningkatkan kekuatan pemrosesan saraf mereka, yang dapat diterjemahkan ke dalam hasil akademis yang lebih baik untuk anak-anak.

 

Aktivitas Fisik

Tetap aktif secara fisik (termasuk olahraga) meningkatkan aliran darah ke otak. Memasok otak dengan darah yang diberi oksigen baru akan meningkatkan kejelasan, konsentrasi, kecepatan berpikir, fokus, kreativitas, mental dan energi emosional, serta keterampilan memecahkan masalah!

 

Jauhi Dari Aktivitas Elektronik

Tahukah Anda bahwa aktivitas layar (termasuk laptop, video game, smartphone, tablet, dan TV) dikaitkan dengan respons stres? Ini berarti fight-or-flight hormones serta kortisol meningkat dan dilepaskan. Kedua tren hormonal ini terkait dengan masalah kognitif, suasana hati, dan perilaku serta kesehatan fisik yang buruk. Latihlah waktu tanpa sambungan reguler untuk memberi otak anak Anda (dan Anda) istirahat yang sangat dibutuhkan untuk mengisi ulang secara alami.

 

Istirahat Yang Cukup

Relaksasi adalah unsur utama untuk menjaga kesehatan mental, fisik, emosional, dan spiritual yang baik, jadi ini adalah keterampilan penting untuk mengajari anak-anak Anda. Dan jangan lupa untuk memberi anak Anda tidur 9 hingga 10 jam setiap malam.

Itulah 10 tips cara meningkatkan kecerdasan otak yang perlu Anda ketahui dan terapkan kepada putra putri Anda.

 

Cara Mencerdaskan Otak dari Brainfit

 

  1. Brainfit Baby TM –

Dirancang khusus untuk bayi dan BATITA yang berumur 9 bulan sampai 3 tahun, BrainFit Baby™ bertujuan untuk membangun kebugaran berfikir kritis dan pondasi kecerdasan pada batita. Orang tua dan pengasuh juga akan belajar mengenai cara mengoptimalkan lingkungan rumah, berinteraksi dan bermain dengan anak mereka untuk mendukung perkembangan yang penting ini. BrainFit Baby™ menggunakan berbasis guided-play secara ilmiah yang juga memfasilitasi pengalaman menyenangkan, perkembangan emosi, dan ikatan untuk orangtua dan anak.

 

  1. Brainfit Junior TM

Sementara BrainFit® Baby bertujuan untuk membangun fondasi kebugaran otak dan kecerdasan pada bayi dan balita, BrainFit® Junior bertujuan untuk lebih mengkonsolidasikan dan mempercepat fondasi ini. Tujuannya adalah untuk anak-anak prasekolah dapat memiliki fondasi yang kuat ketika mereka memasuki sekolah dasar.

 

  1. Brainfot Scholar TM

Sejak didirikan pada tahun 2001, Program BrainFit Scholar™ telah meningkatkan pencapaian di sekolah, memperbaiki kemampuan atletik, mempercepat kemampuan artistik baik seni visual maupun musik, meningkatkan kepercayaan diri, motivasi belajar dan meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada ribuan anak – anak usia sekolah.

Leave a Comment





Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial