Pelatihan Otak

meningkatkan perkembangan otak anak

6 Cara untuk Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Anda

Anak Anda belajar dengan cepat seperti kecepatan cahaya dari usia lahir hingga usia tiga tahun menghasilkan 700 koneksi saraf baru setiap detik! Anda dapat membantu dia mencapai potensinya karena pertumbuhan otak yang sedang berkembang ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk hubungan, pengalaman, dan lingkungan anak  jadi faktor terpenting dalam meningkatkan perkembangan otak anak Anda adalah Anda!

Otak manusia mulai berkembang sangat awal dalam kehidupan prenatal (hanya tiga minggu setelah konsepsi), tetapi dalam banyak hal, perkembangan otak adalah proyek seumur hidup. Itu karena peristiwa yang sama yang membentuk otak selama pengembangan juga bertanggung jawab untuk menyimpan informasi, termasuk keterampilan dan ingatan baru, di sepanjang kehidupan semua orang. Perbedaan utama antara perkembangan otak pada anak versus orang dewasa adalah masalah derajat: otak jauh lebih fleksibel dalam kehidupan awal daripada di kemudian hari. Ini memiliki sisi positif dan negatif. Di sisi positif, itu berarti otak anak-anak lebih terbuka untuk belajar dan memperkaya pengaruh. Di sisi negatif, itu juga berarti bahwa otak anak-anak lebih rentan terhadap masalah perkembangan jika mereka dibesarkan dengan cara yang tidak memelihara atau mendukung mereka.

Berikut ini 6 cara untuk memastikan Anda melakukan bagian Anda untuk meningkatkan perkembangan otak anak Anda:

  1. Percayalah dengan naluri

Cara pertama untuk meningkatkan perkembangan otak anak adalah dengan saran yang diberikan pada orang tua baru dari segala arah entah dari internet, majalah, blog maupun teman dan kerabat yang bermaksud baik, mungkin sulit untuk memilah informasi yang berguna dari semua itu. Kabar baiknya adalah bahwa apa yang Anda rasakan tepat untuk Anda dan anak Anda biasanya adalah yang benar-benar tepat! Tentu saja, Anda harus membaca semua yang Anda bisa dan berkonsultasi dengan orang lain tidak masalah, tetapi pastikan Anda mendengarkan suara hati Anda sendiri. Terkadang nasihat pengasuhan terbaik adalah “ikuti kata hatimu dan lakukan apa yang berhasil untuk keluarga Anda.”

 

  1. Peluk dan rangkullah anak Anda

Kebanyakan orang tua suka meringkuk bersama bayi mereka tetapi mungkin merasa seperti pada usia tertentu anak-anak mungkin tidak perlu banyak berpelukan. Nyatanya tidak begitu! Berpelukan sangat bermanfaat bukan hanya untuk anak-anak, tetapi pada umumnya manusia. Beberapa penelitian membuktikan bahwa memeluk anak-anak Anda bukan hanya menyenangkan bagi Anda dan anak Anda, tetapi juga dapat menghasilkan anak-anak yang lebih bahagia, sehat, dan penasaran dengan otak yang lebih besar dan lebih berkembang!

 

Baca Juga: https://www.brainfit.co.id/cara-meningkatkan-konsentrasi/

 

  1. Bernyanyilah

Anak Anda tidak peduli jika Anda bisa bernyanyi atau tidak, yang penting adalah Anda bernyanyi untuknya. Anda dapat menyusun kata-kata dan lagu Anda sendiri atau menyanyikan lagu-lagu dari masa kecil Anda atau radio, Anda dapat bernyanyi tentang apa yang Anda lakukan, ke mana Anda akan pergi hari ini — hanya bernyanyi! Anda akan bersenang-senang, dia akan menyukainya dan Anda membantu otak kecilnya tumbuh.

 

  1. Bergerak dan Bermain

Bermainlah, jadilah konyol dan bergerak bersama anak Anda! Kegiatan yang membutuhkan gerakan mendukung perkembangan anak-anak di semua bidang, termasuk keterampilan sosial-emosional seperti kepercayaan diri dan kerja sama. Otak menyukai olahraga dan gerakan, jadi jenis rangsangan ini sangat penting karena anak-anak perlu bergerak untuk belajar!

 

  1. Bantu anak Anda untuk mempelajari bahasa lain

Terkejut? Tidak ada yang lebih rumit daripada belajar bahasa tambahan, dan otak bayi sudah diprogram untuk menyerap bahasa lain selain bahasa ibu mereka. Mengekspos mereka ke bahasa asing dengan cara yang konsisten dan menyenangkan ketika mereka sangat muda mempersiapkan mereka untuk belajar seumur hidup, memberikan mereka akar dan fondasi yang mereka butuhkan untuk memperluas otak mereka. Bahkan jika Anda tidak tahu bahasa tambahan, nyanyikan kepada mereka dalam bahasa lidah juga bisa membantu!

 

  1. Penguatan Positif

Anda telah mencapai cara terakhir untuk meningkatkan perkembangan otak anak Anda … bagus! Anda melakukan pekerjaan hebat dan begitu juga anak Anda. Kami semua mencari persetujuan, dan anak Anda tidak berbeda. Fokus pada apa yang dia lakukan dengan benar dan pujilah dia, dan dia akan melakukan lebih banyak hal yang sama. Kekaguman atas perkembangannya adalah dasar yang akan mengatur panggung untuk seumur hidup. Teruskan kerja bagus!

 

Baca Juga: https://www.brainfit.co.id/cara-mencerdaskan-otak/

Leave a Comment





Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial