Pelatihan Otak

Kegiatan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus pada Anak-Anak Usia Tiga hingga Empat Tahun

Konsentrasi

Cara Meningkatkan Konsentrasi – Meskipun seorang anak berusia 3 sampai 4 tahun belum mampu duduk dan memberikan perhatiannya secara penuh pada suatu hal selama periode waktu tertentu, namun mengembangkan fokus dan konsentrasi sangat penting untuk keberhasilan mereka berikutnya. Ketika anak Anda sudah semakin dekat untuk memasuki usia sekolah, membangun fokus adalah suatu keharusan untuk menyiapkan mereka memasuki taman kanak-kanak. Menurut psikolog klinis, Dr. Valerie Muter pada dysTalk.com, orangtua dapat secara bertahap membangun fokus anak mereka dengan menyediakan kegiatan yang memerlukan beberapa menit konsentrasi dan kemudian menambah waktu tersebut saat ia telah mampu mengembangkan keterampilan fokusnya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan tersebut.

Titik ke titik (dot to dot)

Menurut EducationGamesforKids.com, kegiatan dot to dot mampu membangun koordinasi tangan hingga mata anak usia 3 sampai 4 tahun sambil juga mengajarkan urutan nomor. Selain itu, latihan dot to dot ini membantu membangun keterampilan fokus karena seorang anak harus memperhatikan dan memastikan bahwa ia telah menghubungkan titik-titik dalam urutan angka secara tepat. Hal ini juga memungkinkan dirinya untuk berkonsentrasi pada kemampuan menulisnya sehingga garisnya menciptakan gambar yang diinginkan sesuai dalam dot to dot puzzle tersebut. Untuk kreasi daripada teka-teki dot to dot ini dapat Anda kreasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa membuat teka-teki dot to dot dengan bentuk abjad untuk membantu anak dalam mempelajari alfabet jika itu memang sedang dibutuhkan oleh sang anak.

Pertanyaan (question)

Pertanyaan adalah permainan yang menyenangkan untuk anak usia 3 sampai 4 tahun yang membantu mereka fokus pada satu item saat mereka belajar. Untuk bermain permainan ini, Anda dapat menempatkan sebuah benda di depan anak. Kemudian, dirinya diizinkan untuk melihatnya secara singkat. Guru atau orangtua selanjutnya menanyakan serangkaian pertanyaan dengan cepat sehingga ia harus menjawabnya dengan mengatur informasi yang ia miliki pada item yang ia lihat tersebut, menurut Buku Panduan Ibu untuk Perkembangan Anak. Kegiatan ini mengharuskannya untuk berkonsentrasi pada satu subjek atau item tertentu pada suatu waktu. Hal ini tentunya merupakan keterampilan yang berharga begitu ia mulai bersekolah. Kegiatan ini selanjutnya dapat dimodifikasi dengan pertanyaan yang lebih sulit saat anak bertambah usia.

Ingatan (memory)

Memori adalah permainan klasik masa kanak-kanak yang mengajarkan fokus kepada anak-anak usia prasekolah. Untuk memainkan permainan ini, Anda mengeluarkan sejumlah kartu dan anak-anak bergantian menyerahkannya secara berpasangan sambil mencoba menemukan kecocokan. Jika seorang pemain menemukan dua kartu yang sama, dia menyimpan kartu tersebut. Pemain dengan kartu terbanyak di akhir pertandingan adalah pemenangnya. Memori adalah permainan yang baik untuk mengembangkan fokus karena anak-anak berusia 3 hingga 4 tahun harus memperhatikan dengan cermat kartu yang berada di area bermain sehingga mereka dapat membuat kartu secara berpasangan. Skolastik merekomendasikan untuk mengizinkan anak-anak prasekolah untuk menang, karena itu akan mendorong mereka untuk fokus pada permainan.

Itulah kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan fokus dan konsentrasi pada anak-anak usia 3 hingga 4 tahun. Untuk Anda yang kesulitan dalam membantu meningkatkan konsentrasi anak Anda, Anda dapat mengajak anak Anda untuk melakukan pelatihan kebugaran otak di BrainFit. BrainFit sendiri adalah studio yang menyediakan program pelatihan kebugaran otak yang paling terbaru dan ilmiah sejak tahun 2001.

 

 

Leave a Comment