Pelatihan Otak

Konsentrasi

Latihan Konsentrasi untuk Anak-Anak

Latihan konsentrasi untuk anak-anak dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan anak Anda untuk fokus selama sekolah dan selama kegiatan dasar sehari-hari. Meskipun beberapa latihan ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan GPPI atau ADHD, kebanyakan latihan konsentrasi akan bermanfaat bagi semua anak. Latihan konsentrasi untuk anak-anak berkisar dari latihan mata hingga aktivitas berbasis matematika.

Integrasi TubuhPikiran

Latihan konsentrasi ini dirancang untuk menjaga anak Anda dalam posisi statis untuk jangka waktu yang lama. Ambil kursi dan letakkan di tengah ruangan di rumah Anda. Minta anak Anda duduk di kursi, dan beri tahu dia bahwa dia tidak bisa bergerak selama latihan. Setelah dia duduk, mulai timer Anda dan minta dia duduk tanpa bergerak selama mungkin. Catat berapa lama anak Anda dapat duduk tanpa bergerak dan bekerja untuk memperpanjang waktu itu setiap kali Anda berlatih. Menurut Empowering Parents, latihan ini memperkuat koneksi saraf antara tubuh dan otak, sehingga memudahkan anak Anda untuk fokus dan mengembangkan kontrol diri.

Latihan Pelacakan Visual

Latihan pelacakan visual dirancang untuk mengembangkan keterampilan perhatian anak Anda. Minta anak Anda duduk di kursi dan fokus pada objek yang Anda pegang di tangan Anda. Semakin muda anak, semakin besar objek yang seharusnya. Mulai memindahkan objek ke arah horizontal, 16 inci dari mata anak Anda. Minta anak Anda mengikuti objek dengan matanya, pastikan dia tidak menggerakkan kepalanya saat dia sedang melacak objek. Pertahankan kecepatan objek pada kecepatan yang nyaman, tingkatkan hanya setelah anak Anda menunjukkan peningkatan.

Hadiah atas Pekerjaan Rumah

Latihan ini dirancang untuk memberi anak Anda insentif untuk fokus, baik pada pekerjaan rumahnya atau di area lain. Mintalah anak Anda duduk dengan PR dan mulai mengerjakannya. Beri dia hadiah kecil untuk setiap 10 menit kerja. Jika anak Anda melakukan satu jam kerja tanpa gangguan, berikan dia hadiah yang lebih besar. Jika tugas sekolah bukanlah sesuatu yang dapat difokuskan oleh anak Anda, membuatnya fokus pada hadiah akan secara tidak langsung membuatnya fokus pada tugas yang sedang dihadapi.

Itulah beberapa latihan konsentrasi yang akan bermanfaat bagi semua anak. Untuk Anda yang ingin meningkatkan konsentrasi anak Anda, Anda dapat mengajak anak Anda untuk melakukan pelatihan kebugaran otak di BrainFit. BrainFit sendiri adalah studio yang menyediakan program pelatihan kebugaran otak yang paling terbaru dan ilmiah sejak tahun 2001.

 

 

Leave a Comment





Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial