Sederhana Untuk Menjaga Kebugaran Otak Anak Pada Masa Liburan

Liburan sekolah adalah masa yang paling ditunggu oleh anak karena mereka bebas dari pekerjaan rumah dan ulangan di sekolah. Namun, jangan biarkan anak menghabiskan liburannya dengan kegiatan yang tidak menstimulasi otaknya. Rancanglah kegiatan liburan supaya anak semakin optimal dan siap menghadapi tahun ajaran baru.

Cegah menurunnya kemampuan otak anak selama masa liburan dengan 5 langkah simpel berikut :

1. Batasi waktu menonton TV dan ambil lah sebuah buku
Anak-anak cenderung menikmati/suka nonton televisi karena ini adalah sebuah aktifitas yang pasif yang seringkali tidak membutuhkan terlalu banyak berpikir.
Sementara itu, juga baik bagi anak untuk sedikit bersantai dan mematikan televisi sejenak, terlalu lama menonton televisi mungkin dapat menyebabkan kemunduran kemampuan cognitivenya. Daripada menghabiskan banyak waktu untuk menonton televisi, arahkan anak anda untuk membaca buku karena membaca selain menstimulasi kemampuan kognitif juga dan bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan.

2. Berolahraga dan bermain:
Jangan biarkan anak anda duduk manis selama masa liburan sekolah!
Berolahraga adalah hal penting untuk kesehatan mental, perkembangan motorik, interaksi sosial dan juga meningkatkan formasi sel otak yang baru.

3. Cobalah jaga pola tidur
Tidur sangatlah penting untuk kemampuan kognitif dan anak membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa.

Pola tidur seringkali berantakan karena berbagai macam aktifitas/kegembiraan selama masa liburan sekolah yang dapat mempengaruhi perilaku anak, mood atau suasana hati, tingkat kebugaran dan kesehatan otak secara umum.

4. Makan dengan baik
Para peneliti telah menemukan bahwa diet memiliki efek yang besar pada perkembangan otak dan fungsi mental. Dengan gizi makanan yang buruk akan berpengaruh pada menurunnya prestasi akademik dan permasalahan perilaku.
Selama masa liburan akan sulit untuk memberi makan anak – anak kita dengan menu yang sehat seperti whole,unprocessed atau makanan bergizi tinggi setiap waktu tapi sangat penting untuk membatasi konsumsi snack atau makanan ringan pada anak yang mengandung sedikit atau tidak ada nutrisi yang baik.

Mengkonsumsi makanan – makanan yang baik untuk otak setidaknya 80% di masa liburannya, tidak hanya baik untuk perkembangan fisik anak anda, namun juga meningkatkan perkembangan otak yang sehat, perilaku yang positif dan kemampuan belajar.

5. Turut serta dalam pelatihan brain fitness
Untuk mengoptimalkan otak kognitif anak tidak selalu harus dengan belajar dan belajar. Latihan brain fitness adalah salah satu pilihan yang tepat karena kegiatannya sangat menyenangkan, dengan aktifitas gerak guna meningkatkan kemampuan konsentrasi, memori, kecepatan berpikir dan kemampuan bersosialisasi anak.
BrainFit Studio menawarkan kegiatan liburan berbasis pelatihan cognitive SMART™ Program & games berbasis computer yaitu Fast ForWord™, yang memberikan kolaborasi yang sempurna antara bermain dan belajar.

Share to

Facebook
Twitter
Instagram
YouTube
Google+
https://www.brainfit.co.id/menjaga-kebugaran-otak-anak/">
LINKEDIN

Leave a Comment





Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial